Wednesday, April 6, 2016

Cara Mudah Menghafal Rukun Islam dan Rukun Iman

Sebagian dari muslim remaja bahkan dewasa mungkin belum menghafal rukun Islam dan rukun iman. Jangan malu dan malas untuk mempelajari dan menghafalnya. Walau suatu hal yang kelihatan kecil, namun ternyata sangat besar pengaruhnya. Apalagi jika orang lain atau anak kecil atau mungkin adik, keponakan bahkan anak kita bertanya maka akan terasa malu jika kita tidak bisa menjawab karena tidak tahu atau tidak hafal. Diluar dari itu, memang suatu keharusan bagi kita sebagai muslim untuk menghafal Rukun Islam dan Rukun Iman.

Rukun Islam ada 5 (lima) dan Rukun Iman ada 6 (enam). Namun sebelumnya, ada baiknya kalau saya tuliskan terlebih dahulu kelima rukun Islam dan keenam rukun iman tersebut.

5 Rukun Islam
1.    Mengucapkan 2 (dua) kalimat syahadat “ASYHADU AnLLAA ILAAHA ILLALLAH WA ASYHADU ANNA MUHAMMADARRASUULULLAH”
2.    Menunaikan Shalat
3.    Mengeluarkan Zakat
4.    Berpuasa pada Bulan Ramadan
5.    Naik Haji bagi yang mampu
6 Rukun Iman
1.    Iman Kepada Allah
2.    Iman Kepada Malaikat-Malaikat Allah
3.    Iman Kepada Kitab-Kitab Allah
4.    Iman Kepada Rasul-Rasul Allah
5.    Iman Kepada Hari Akhir (Kiamat)
6.    Iman Kepada Takdir-Takdir Allah (Qada dan Qadar)

Okee, mari kita mulai dengan menghafal rukun islam. Kata kuncinya adalah Syahadat, Shalat, Zakat, Puasa dan Haji. Cara ini saya dapatkan waktu masih belajar di TKA/TPA yaitu dengan cara dinyanyikan dengan nada lagu balonku ada lima.

Coba kita nyanyikan bait berikut dengan menggunakan nada balonku ada lima:
Rukun Islam ada lima
Kucoba menghafalnya
Syahadat, sholat, zakat
Puasa dan berhaji
Kuhafal semuanya YESS
Hatiku sangat senang
Rukun Islam ada lima
Kuamalkan semuanya…..

Kadang jika ada yang bertanya tentang rukun islam atau jika saya mau mengingat kembali, saya nyanyikan terlebih dahulu dalam hati. Karena dengan pembawaan tersebut akan memiliki ketertarikan tersendiri sehingga lebih mudah tersimpan di memori jangka panjang. Namun yang harus diingat bahwa rukun islam itu teratur mana yang pertama, kedua, sampai kelima. Jangan sampai terbalik, tetapi kalau kita sudah hafal lagu ini pasti tidak akan terbalik lagi.

Selain itu, untuk mengingat keteraturannya, kita juga bisa menggunakan logika-logika sederhana seperti:
v Hal yang pertama dilakukan orang islam pasti bersyahadat, sehingga syahadat adalah rukun islam pertama.
v Ayat yang paling umum didengar adalah “waaqimussholaata wa aatuzzakaata” sehingga diketahui bahwa salat lebih dahulu kemudian zakat.
v Karena masih banyak orang islam yang belum haji, dan haji dilakukan bagi yang mampu berarti haji itu rukun islam terakhir
v Otomatis puasa berada pada urutan keempat

Kalau kita sudah hafal kuncinya (Syahadat, Shalat, Zakat, Puasa dan Haji) tinggal kita tambah saja dengan kalimat lengkap seperti yang telah dituliskan di atas. Cara ini pun bisa kita ajarkan kepada adik atau anak-anak di rumah. Karena dengan lagu pasti akan lebih menarik. Selain itu kalau lagu balonku ada lima bisa dihafal sampai dewasa bahkan sampai tua, pasti lagu ini juga demikian halnya, sehingga Rukun Islam akan terus dihafal dan diamalkan.

Sekedar informasi lagu diatas diberikan oleh Ustad dan Ustadzah saya di TKA.TPA Nurul Mubin Kampung Katapang, salah satu kampung di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan.  Salah satunya adalah Ust. Bau Mawardi S, S.Pd.I.
Okee, selanjutnya mari kita mencoba untuk menghafal Rukun Iman. Sama dengan Rukun Islam, Rukun Iman ini teratur dan tidak boleh ditukar urutannya. Kata kuncinya adalah Allah, Malaikat, Kitab, Rasul, Hari Akhir atau Kiamat dan Takdir atau qada dan qadar.

Mungkin kita pernah dengar ayat yang berbunyi, “AL IIMAANU BILLAHI WAMALAAIKATIHI WAKUTUBIHII WARUSULIHII WABILYAUMIL AKHIR….” dan seterusnya. Sebenarnya, kalau kita ingat potongan ayat ini kita bisa menentukan urutan dari rukun iman.
v AL IIMANU BILLAHI (Berarti yang pertama Allah)
v WAMALAAIKATIHI (Kedua malaikat)
v WAKUTUBIHI (Kutubi, berarti Kitab)
v WARUSULIHI (Rusuli berarti Rasul)
v WABILYAUMIL AKHIR (Yaumil itu hari, akhir berarti akhir, jadi hari akhir. Atau lebih gampangnya ingat saja kata akhir)
v Kita tinggal tambahkan saja yang terakhir yaitu otomatis takdir

Selain cara di atas kita juga bisa menggunakan jembatan keledai seperti (Aku Muslim KaRenA Takdir). Huruf kapital atau yang dibold merupakan huruf awal dari kata kunci. A=Allah, M=Malaikat, K=Kitab, R=Rasul, A=Akhir dan T=Takdir. Jadi kita tinggal tambah saja kata-kata lengkapnya sesuai dengan yang dituliskan di atas. Yang jelas tahu kunci, tahu urutan, maka tinggal kita tambahkan kata lengkapnya. Karena yang menjadi masalah adalah tidak tahu/lupa, kemudian tidak bisa menghafal urutan.

Mudah-mudah dengan tulisan ini membawa sekelumit manfaat untuk lebih mudah dan memberikan motivasi untuk menghafal Rukun Islam dan Rukun Iman. Mungkin beberapa saudara kita masih belum menghafalnya, sehingga dengan berbagi kepada sesama mudah-mudahan akan menjadi amal jariyah kepada kita. Segala kebenaran datangnya dari Allah Swt. dan apabila ada kesalahan itu dari diri saya pribadi. Kalau ada manfaatnya bagi Anda Alhamdulillah, kalau tidak, mungkin bermanfaat bagi orang lain.

3 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. makasih info nya guys sangat berguna



    Jasa sadap handphone. berbagai fitur dan berbagai tipe HP.

    Bisa untuk HP :

    - IPHONE.
    - ANDROID.
    - NOKIA.
    - BLACKBERRY.
    - WINDOWS PHONE & MOBILE
    - SYMBIAN (tidak tersedia)

    (Sadap data komunikasi)


    - SADAP PANGGILAN SUARA
    - SADAP SMS & MMS
    - SADAP FOTO/ VIDEO
    - SADAP EMAIL
    - SADAP SUARA SEKITAR
    - SADAP CHAT FACEBOOK
    - SADAP WHATSAPP, LINE, TELEGRAM, SKYPE
    - SADAP BBM (BLACKBERRY MESSENGER) (tidak tersedia)
    - SADAP LOKASI

    Kunjungi: PENYADAP.COM
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .

    ReplyDelete
  3. Wah blog nya keren banget http://www.//shafira-tours.com/ ijin share ya semoga bermanfaat

    ReplyDelete